SRHI 30 Mei 20 – BERANI MEMBERITAKAN KEBENARAN

“Tetapi tidak seorang pun yang berani berkata terang-terangan tentang Dia karena takut terhadap orang-orang Yahudi.”

(Yohanes 7:13)

 

Pada suatu hari ada seorang teman bertanya kepada kami : Apa yang membedakan agama Kristen dengan agama lain ? Lalu kami menjawab : bahwa agama Kristen hanya percaya dan berdoa serta memuliakan Allah melalui satu pribadi yaitu Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juru Selamat.

Dia sedang galau karena keyakinannya, ada 2 pilihan di atas, mana yang harus dia ikuti dan ada kekhawatiran antara pilihannya tidak boleh mengikuti tradisi nenek moyangnya.

Mulanya memang kita takut untuk menjelaskan tentang Yesus kepada kepada orang lain mengingat orang lain juga mempunyai keyakinan yang teguh, keterbatasan kita dan takut orang tersebut marah. Kita harus sadar dalam hal ini tidak bisa memakai ilmu pengetahuan atau kepandaian sendiri, tetapi kerendahan hati serta berdoa yakin akan pertolongan dari Allah untuk berani memberitakan Kebenaran kepada seseorang, seperti tertulis dalam injil : Jawab Yesus kepada mereka: “Ajaran-Ku tidak berasal dari diri-Ku sendiri, tetapi dari Dia yang telah mengutus Aku” (Yoh 7:16).

Dengan Firman Tuhan  di atas, kami berdoa minta pertolongan dan pimpinan dari Tuhan. Lalu kami beritakan bahwa :  Kebenaran Allah adalah karena Iman dalam Yesus Kristus bagi semua orang percaya. Yesus adalah juru selamat, Allah yang datang ke dunia menjadi manusia yang sudah dinubuatkan sejak jaman nabi, hidup menderita, darahNya tercurah dan mati di kayu salib, untuk menghapus dosa manusia. Lalu Ia dikubur dan pada hari ketiga Dia bangkit dari antara orang mati. Setelah bertemu dengan murid-muridNya pada hari ke-40 Dia naik ke surga dengan janji akan menyediakan tempat dan mengirimkan Roh Kudus adalah pelaksana keselamatan, menginsafkan manusia akan dosa.

Roh Kudus yang memberi pengertian kepada manusia akhirnya ia bertobat, menjadi percaya dan mengikut Yesus.

Kita patut bersyukur karena Allah mengaruniakan pengertian kepada kita, supaya kita mengenal Yang Benar dan kita ada didalam Yang Benar, didalam anakNya Yesus Kristus. Dia  Allah yang benar dan hidup yang kekal ( 1Yoh 5:20 ).

Kita bisa memberitakan kebenaran kepada siapa saja, pada waktu dan kondisi tertentu bukan suatu kebetulan tetapi adalah rencana dan sudah dipilih Allah agar kita menjadi alat untuk memberitakan Injil dan Allah yang memberi pertumbuhan. Amin.
(MS30052020)

Pokok Doa:

  1. Doakan agar masyarakat semakin bijaksana berperilaku dalam komunitas, mengikuti protokol kesehatan dan menaati PSBB;
  2. Doakan setiap orang yang terlibat dalam proses persiapan SIL agar dapat berkerjasama dengan baik;
  3. Doakan jemaat yang berprofesi sebagai tenaga medis agar ia dan keluarga tetap dalam kondisi sehat.