Tentang Kami

 

Sejarah Singkat

Sesuai dengan ajaran Firman Tuhan di dalam kitab Ibrani 10:25: “Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat.”

Atas dasar ayat tersebut beberapa orang yang mempunyai kerinduan untuk mempelajari firman Tuhan dan memuliakan Tuhan Yesus Kristus, memulai melakukan Persekutuan Doa di garasi tempat tinggal Pdt. Stockwell Sears, Jalan Galuh I No. 11, Jakarta Selatan pada tahun 1961.

Seiring berjalannya waktu, jemaat semakin bertambah banyak, akhirnya memutuskan untuk membeli sebidang tanah di Jalan Tirtayasa Raya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Karena kuasa & kemurahan Tuhan, sembari menunggu pembangunan rumah ibadah yang dirancang oleh Ir. Poei, jemaat yang ada dipekenakan untuk beribadah menggunakan salah satu ruang kelas di SMEA 3 Jakarta Selatan.

Pada 1 September 1963, ditandatangani sebuah Piagam Geredja Baptis Kebajoran oleh 15 orang anggota. Pada waktu bersamaan, selesai pula pembangunan rumah ibadah dan diresmikan menjadi tempat beribadah bagi jemaat Tuhan di daerah Kebayoran dan sekitarnya. Peristiwa ini merupakan sejarah bagi umat Baptis di Indonesia.

Dengan berpedoman pada pernyataan yang dituangkan pada Anggaran Dasar, Gereja Baptis Indonesia Kebayoran resmi melakukan pelayanan dan penggembalaan sesuai dengan Amanat Agung Tuhan Yesus Kristus.

 

Anggaran Dasar

  • Bahwa TUHAN ALLAH Khalik Semesar dari Alam menghendaki kemerdekaan, pembebasan dan keselamatan manusia dari belenggu dosa.
  • Bahwa kemerdekaan, pembebasan dan keselamatan manusia dari belenggu dosa adalah anugerah bagi setiap orang yang mau percaya, bahwa YESUS KRISTUS adalah TUHAN yang KEKAL, JURU SELAMAT dan PENEBUS DOSA.
  • “Karena begitu besar kasih ALLAH akan dunia ini, sehingga IA telah mengaruniakan ANAK-NYA yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.” (Yohanes 3:16)
  • Bahwa sesungguhnya YESUS KRISTUS sebagai Kepala Gereja memberikan kebebasan dan kewajiban bagi setiap Gereja untuk mengatur rumah tangganya sendiri berdasarkan panggilan ALLAH, guna melaksanakan karya nyata berupa pelayanan kepada sesama manusia, saling melayani, bergotong royong dan saling memikul beban demi kebesaran dan kemuliaan Nama TUHAN YESUS KRISTUS.

 

Keyakinan Iman

Gereja Baptis Indonesia Kebayoran mempunyai keyakinan Iman bahwa:

  • ALLAH bersifat Esa dan Tritunggal yaitu: ALLAH BAPA, ALLAH ANAK dan ALLAH ROH KUDUS.
  • ALLAH BAPA adalah ALLAH.
  • YESUS KRISTUS yang bersifat ILLAHI sepenuhnya, telah menjelma menjadi manusia seutuhnya. IA adalah satu-satunya Juru Selamat manusia.
  • ROH KUDUS bersifat ILLAHI. IA memenuhi dan memperlengkapi setiap orang Kristen untuk melanjutkan pelayanan Kristus melalui JemaatNya.
  • Alkitab adalah Firman ALLAH yang telah diilhamkan kepada manusia dan menjadi satu-satunya pedoman iman, moral dan rohani.
  • Keselamatan adalah kasih karunia ALLAH yang dianugerahkan kepada manusia. Keselamatan itu hanya diperoleh melalui pertobatan dan iman kepada Tuhan Yesus Kristus.

 

Gembala Sidang

Pdt. Radik Irianto (+62) 813 2520 2094

Asisten Gembala Sidang

Pdt. Agus Panrimo (+62) 856 3636 126

Pendeta Emeritus

Pdt. Julianus E. Tarapa (+62) 812 1920 3083

Diakon

Hariono Soemarsono (+62) 811 965 182
Mosen (+62) 815 955 6690
Paulus Petrus Poli (+62) 821 1188 2828
Raymond Pontoh (+62) 811 160 709