SRHI 15 APR 24 – MANFAAATKAN KESEMPATAN YANG TUHAN BERIKAN KEPADA ANDA!

“Sebagai teman-teman sekerja, kami menasihatkan kamu, supaya kamu jangan membuat menjadi sia-sia kasih karunia Allah, yang telah kamu terima.”(2 Kor. 6:1)

Tuhan gemar memberikan kesempatan kepada kita orang percaya. Bahkan kesempatan itu bisa Tuhan berikan kepada kita terus-menerus. Lihatlah Yunus! Tuhan memberikan dia sebuah misi untuk memperingatkan orang-orang Niniwe buat segera bertobat. Namun, Yunus tidak menyukai mereka dan ingin supaya mereka mendapatkan hukuman dari Tuhan. Maka Yunus lari dari Tuhan, dan kemudian berakhir di dalam perut ikan. Tetapi tetap saja, Tuhan memberikan dia kesempatan kedua kepada Yunus.

Demikian juga dengan kita. Sebagai orang percaya kadangkala kita menolak panggilan Tuhan untuk melayani-Nya dengan berbagai dalih yang ada. Namun, sebagai orang percaya dengan juga bercermin dengan kejadian yang dialami oleh Yunus, maka jika kita mendapat penggilan dari-Nya, bersyukurlah dan terimalah dengan sukacita meskipun mungkin itu sesuatu yang berat apalagi belum pernah kita lakukan. Ingatlah! Selama kita masih hidup dan darah mengalir di pembuluh darah kita, maka misi kita masih berlaku di hadapan kita. Apapun yang telah terjadi di masa lalu kita, bersyukurlah kepada Tuhan buat kesempatan kedua untuk menggenapi rancangan-Nya, pergunakanlah sebaik-baiknya. Jangan sia-siakan. Itu waktu yang tepat untuk berfokus pada panggilan unik Tuhan atas hidup kita masing-masing.

Rasul Paulus menulis dalam 2 Korintus 6:1, “Sebagai teman-teman sekerja, kami menasihatkan kamu, supaya kamu jangan membuat menjadi sia-sia kasih karunia Allah, yang telah kamu terima”. Ini berarti, Tuhan telah melakukan banyak hal buat kita semua. Tuhan Yesus telah mengampuni kita dari dosa-dosa. Dia telah memberikan kita lebih dari satu kesempatan kedua. Dan Dia akan memberikan kita kesempatan lainnya untuk melayani Dia. Lihatlah Rasul Paulus (Saulus). Dahulu dia menganiaya orang-orang Kristen sebab ia menganggap mereka adalah orang-orang kafir yang megikuti seorang pemimpin yang memalukan, yaitu Yesus. Tetapi kemudian, Yesus menampakkan diri kepada Paulus di jalan menuju kota Damaskus, dan menawarkan Paulus kesempatan untuk melaksanakan misi-Nya yang sebenarnya di bumi. Paulus menerima tugasnya itu dan bertobat dan dia tidak pernah melupakan kesempatan yang diberikan Tuhan kepada-Nya.

Kemudian dalam pelayanannya, Paulus berkata: “Tetapi aku tidak menghiraukan nyawaku sedikitpun, asal saja aku dapat mencapai garis akhir dan menyelesaikan pelayanan yang ditugaskan oleh Tuhan Yesus kepadaku untuk memberi kesaksian tentang Injil kasih karunia Allah” (Kis. 20:24). Rasul Paulus sangat bersyukur karena Tuhan menggunakan dia dalam pelayanan sehingga tidak ada hal lain yang lebih penting baginya, selain melayani Tuhan Yesus.

Bapak, Ibu, Saudara sekalian, mungkin saat ini kita merasa tidak sempurna dan masih ada salah dan dosa; tetapi percayalah, Tuhan tidak pernah mengubah isi hati dan misi-Nya buat kita semua. Jadi laksanakanlah dan jangan ragu jika Tuhan memberikan kesempatan kepada kita dan Tuhan pasti menyiapkan orang-orang yang siap mendukung dan melengkapi kita dalam segala sesuatunya, terlebih melayani Tuhan. Renungkanlah! Tuhan Yesus memberkati.

(AP15042024)

Pokok Doa GBIK:

  1. Berdoa untuk pimpinan dan anggota DPR / DPRD di seluruh Indonesia supaya mereka menjalankan tugasnya hanya untuk memperjuangkan suara rakyat dan untuk kepentingan rakyat banyak, bukan untuk kepentingan pribadi atau golongan dan tidak menyalahgunakan wewenangnya;
  2. Doakan kegiatan Gereja pada hari selasa WBI dan PBI supaya para pelayan dapat mempersiapkan diri dengan baik dan jemaat banyak yang mengikuti.
  3. Doakan Jemaat dalam pergumulan perjuangan hidupnya dapat pertolongan dari Tuhan tercukupi kebutuhan Rohani maupun jasmani.

Pokok Doa Cabang IMANUEL, Rantau Prapat, Sumatera Utara

  • Bersyukur untuk Perayaan Paskah dan Ulang Tahun gereja yang ke-9 sudah berjalan dengan baik
  • Doakan rencana akan melaksanakan Ibadah Padang di luar kota Rantauprapat
  • Doakan pembelian alat Musik, mixer dan keyboard, jemaat sudah mengumpulkan dana sebesar 5 juta, masih kurang 3 juta Lagi.