SRHI 30 MEI 23 – Guru Terbaik Orang Percaya

“tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.”

(Yohanes 14:26)

Guru terbaik adalah pengalaman, begitulah kata pepatah yang mengajarkan tentang orang-orang yang belajar dari pengalaman hidup. Memang tidaklah salah ketika semakin banyak berpengalaman maka makin banyak belajar. Tetapi, apakah benar hanya pengalaman saja yang menjadi guru yang terbaik?

Rasul Yohanes menuliskan tentang pesan Yesus kepada murid-murid tentang Roh Kudus: tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu (Yohanes 14:26). Roh Kudus dikatakan oleh Yesus memiliki peran penting ketika Yesus tidak ada didunia untuk mendampingi murid-murid.

Yesus memberitahukan bahwa Roh Kudus (yang dikatakan sebagai penghibur) akan mengajarkan segala sesuatu kepada murid-murid dan mengingatkan perkataan Yesus kepada mereka. Yesus tahu bahwa murid-murid membutuhkan bimbingan setelah Dia naik ke surga, maka dari itu Roh Kuduslah yang membimbing mereka. Roh Kudus menjadi guru yang terbaik dalam membimbing orang percaya untuk melakukan segala sesuatu sesuai dengan apa yang Tuhan mau.

Pembaca SRHI, sudahkah Roh Kudus menjadi guru yang terbaik dalam hidupmu? Ketika Roh Kudus apakah respon saudara? Seringkali ketika Roh Kudus memberikan bimbingan kepada orang percaya, sebagian tidak mempedulikannya. Menganggap logika dan pengalaman adalah hal yang benar dan harus diikuti. Jika saudara adalah salah satu orang-orang yang masih melakukan hal tersebut, bertobatlah dan mintalah Roh Kudus terus membimbing hidup saudara. Mintalah Roh Kudus menjadi pembimbing dalam setiap tindakan yang saudara ambil. Jadikanlah Roh Kudus sebagai Guru terbaik dalam hidup saudara yang membimbing hidup dalam jalan Tuhan.

(FRD30052023)

Pokok Doa:

  1. Berdoa untuk panitia Publikasi dan Dokumentasi supaya selalu diberikan hikmat dalam menjalankan tugas pelayanannya;
  2. Berdoa untuk jemaat yang sudah mengambil keputusan untuk percaya Tuhan Yesus dan akan dibaptiskan supaya diberikan pertumbuhan iman dan semakin mengenal Tuhan Yesus secara pribadi;
  3. Berdoa bagi orang-orang yang akan mengadakan tindak lanjut untuk mewartakan injil dengan jelas.

Pokok Doa GBIK Cabang MARGA MULYA, Monterado, Kalimantan Barat

  • Doakan untuk rencana pembangunan tempat parkir;
  • Rencana ulang tahun gereja akan ibadah padang, kiranya Tuhan memberikan cuaca yang cerah dan tidak hujan;
  • Rencana penambahan guru SM baru (Ibu Maria, Ibu Fajar, Ibu Stiven), Tuhan memberikan hati untuk melayani anak-anak.