SRHI 26 APR 22 – KEBANGKITAN-NYA DAN PEMBERITAAN KABAR BAIK (BAGIAN 2)

“Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan Kabar Baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta, untuk membebaskan orang-orang tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang.”
(Luk. 4: 18-19)

Bagian akhir SRHI kemarin Senin 25 April 2022 telah mengingatkan kita bahwa pentingnya kita ambil bagian dalam proses pemberitaan Kabar Baik kepada banyak orang, sebagai bukti bahwa kita sungguh-sungguh percaya kepada-Nya. Memang orang yang percaya kepada-Nya harus melakukan hal tersebut. Ingatlah apa yang diucapkan Tuhan Yesus, “Aku berkata kepadamu: “Sesungguhnya barang siapa percaya kepada-Ku, ia juga akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. …..””. (Yoh. 14: 12).

Terkadang dalam pemahaman Pemberitaan Kabar Baik, kita terfokus pada “penginjilan” dalam arti memberitakan Injil kepada orang, supaya orang tersebut dapat menerima Yesus  sebagai Tuhan dan Juru selamatnya secara pribadi seperti kita meyakininya. Ini sangat bersesuaian dengan mandat ilahi yang tertulis dalam Matius 28: 19-20, “Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.”

Apabila kita memperhatikan ayat nats hari ini (Luk. 4: 18-19), focus pelayanan kita semakin meluas dan semakin komplek. Tampaknya kita harus semakin menajamkan mata kita untuk melihat juga bidang lain selain bidang kerohanian yang menjadi focus utama pemberitaan Kabar Baik itu. Bidang lain itu adalah memperhatikan juga kebutuhan-kebutuhan kekinian secara nyata, yakni kemiskinan, keterbebasan dari berbagai tekanan, pemenuhan kebutuhan-kebutuhan jasmani serta tidak mengabaikan pemberitaan tentang rahmat Tuhan dan sukacita Allah untuk siapa yang mau menerima-Nya. Jadi pemberitaan Kabar Baik menyangkut kebutuhan masa kini dan masa yang akan datang setelah kematian jasmani.

Jelaslah sekarang bahwa Pengabaran Injil bersifat menyeluruh, menyangkut kebutuhan jasmani dan rohani, masa kini dan masa yang akan datang. Itulah sebabnya mari kita sebagai murid-murid Kristus selalu bergandengan tangan memperhatikan orang-orang di sekitar kita yang memerlukan kebutuhan-kebutuhan tersebut di atas, kita layani mereka sesuai dengan kemampuan kita, sesuai dengan rencana-Nya. Tuhan akan memampukan kita melaksanakan mandat-Nya. Tuhan Yesus memberkati, Amin.
(RI26042022)

Pokok Doa:

  1. Keamanan transportasi publik khususnya di Jabodetabek semakin meningkat dan terhindar dari berbagai jenis kecelakaan lalu lintas;
  2. Rencana Doa Semalaman 15-16 Mei 2022 dapat terkoordinir dan berjalan dengan baik. Kiranya para cabang/TPW dan BPW dapat aktif berperan serta dan bertumbuh bersama;
  3. Para jemaat dan anggota keluarga yang merindukan keturunan diberkati Tuhan untuk memiliki anak di tahun 2022.

Pokok Doa Cabang ALFA OMEGA, Gamhoku, Tobelo, Halmahera Utara

  1. Doakan pemilihan ketua panitia perancang;
  2. Doakan agar ada Gembala Sidang yang terpanggil melayani;
  3. Doakan kesehatan kesatuan dan kesetiaan jemaat.