SRHI 26 JUL 21 – JANGAN SEKALI-KALI MELUPAKAN TUHAN ALLAHMU

“Tetapi jika engkau sama sekali melupakan TUHAN Allahmu, dan mengikuti allah lain, beribadah kepadanya dan sujud menyembah kepadanya, aku memperingatkan kepadamu hari ini, bahwa kamu pasti binasa.”
(Ul. 8: 19)

Banyak cerita yang mengatakan bahwa pada saat orang berada dalam puncak kesuksesannya, godaan demi godaan melintas begitu kuat dalam hidupnya. Godaan yang sering terjadi adalah godaan kesombongan, kesombongan itu mengarah kepada terlalu percaya pada diri sendiri, melupakan Tuhan, Sang Pemberi sukses itu sendiri.

Kitab Ulangan ditulis Musa sebelum bangsa Israel berhasil masuk ke tanah Kanaan. Hal itu jelas karena Musa oleh Tuhan tidak diijinkan memasuki Tanah kanaan itu. Dalam Keluaran 34:4 jdinyatakan, “Dan berfirmanlah TUHAN kepadanya: “Inilah negeri yang Kujanjikan dengan sumpah kepada Abraham, Ishak, Yakub; demikian: Kepada keturunanmulah akan Kuberikan negeri ini. Aku mengizinkan engkau melihatnya dengan matamu sendiri, tetapi engkau tidak akan menyeberang ke sana.””

Secara khusus dalam Ulangan 8, Musa mengajarkan kepada bangsa Israel untuk bersyukur atas apa yang telah dilakukan Tuhan selama 40 tahun mengarungi padang pasir dalam perjalanan menuju Tanah Perjanjian (Ul. 8:1-10). Tetapi Musa juga memperingatkan mereka supaya jangan melupakan Tuhan (Ul. 8: 11-14), jangan menganggap keberhasilan memasuki Tanah Perjanjian karena kekuatan tangan sendiri (Ul. 8: 17) jangan berpaling kepada allah lain dan menyembahnya (Ul. 8: 19).

Musa memperingatkan bangsa Israel, pada saat mereka melupakan Tuhan, maka malapetaka akan menimpa hidupnya, mereka akan binasa. “Tetapi jika engkau sama sekali melupakan TUHAN Allahmu, dan mengikuti allah lain, beribadah kepadanya dan sujud menyembah kepadanya, Aku memperingatkan kepadamu hari ini, bahwa kamu pasti binasa.” (Ul. 8: 19). Peringatan yang tegas dan lugas sudah diberikan, semuanya itu dilakukan Musa agar bangsa Israel tetap mendapat penyertaan Tuhan dalam perjalanan selanjutnya.

Nasehat dalam Ulangan 8: 19 ini bukan hanya untuk bangsa Israel saja, tetapi juga berlaku bagi kita sekarang. Apa yang kita peroleh sekarang, apapun keadaannya tidak lepas dari penyertaan Tuhan, tidak lepas dari campur tangan Tuhan. Karena itu jangan lupakan Tuhan dalam hidup ini kalau tidak mau binasa, yakinlah karena kasih dan kuasa-Nya kita bisa menjadi sekarang ini. Dalam keberhasilan, jangan lupakan Tuhan. Tuhan Yesus memberkati, Amin.
(RI26072021)

Pokok Doa:

  1. Mari kita doakan Gereja kita dalam memfasilitasi jemaat yang saat ini sedqng terpapar covid dan juga tetap memberi penghiburan kepada jemaat yang berduka;
  2. Doakan acara kedukaan yang akan dilayani Gereja kepada 2 keluarga yang berduka Hari ini (26 Juli). Mari kita doakan Pendeta dan jemaat yang melayani acara ini;
  3. Mari kita doakan seluruh jemaat Gereja kita agar dapat menjaga kesehatan mereka masing-masing agar terhindar dari paparan covid atau virus yang lain;
  4. Doakan penghiburan bagi kel. Almh . Ibu Heni Sumarmo Kel. Almh Ibu Tiur & Kel. Alm. Bpk. Kukuh
  5. Mari kita mendoakan, mohon Tuhan melawat, menjamah dan menyembuhkan saudara2 kita terkasih, yang sedang terpapar virus COVID:
    * Bp. Erwin Subrata
    * Sdr. Jonathan Emmanuel (putra Bp. Erwin)
    * Sdri. Elsa Emmanuel (putri Bp. Erwin)