SRHI 11 MAR 21 – BERSERULAH KEPADA ALLAH YANG BENAR SUPAYA PENUH HARAPAN

“Ya TUHAN, aku memanggil-Mu dari dasar lobang yang dalam, Engkau mendengar suaraku! Janganlah Kaututupi telinga-Mu terhadap kesahku dan teriak tolongku! Engkau dekat tatkala aku memanggil-Mu, Engkau berfirman: Jangan takut!”
(Rat. 3:55-57)

Masih terasa hangat dan segar bagi kita dalam mempelajari dan merenungkan Kitab Ratapan pada PAAT 2021 yang diselenggarakan oleh gereja kita. Kalau kita memerhatikan Ratapan pasal 3 ini menandai titik balik pengalaman dukacita dan doa Yeremia. Saat ia memandang kepada dirinya sendiri (ay. 1-18), ia melihat seorang tua di jalan yang gelap dan berliku sedang dikejar binatang-binatang buas. Makin ia merenungi perasaannya, dan makin ia merasa putus asa. Namun, kemudian ia berpaling dari dirinya sendiri dan dengan iman memandang kepada Tuhan (ay. 19-39) sehingga ia dapat berkata, “Aku memiliki pengharapan” (ay. 21). Dari kisah yang dialami oleh Yeremia ini memberikan pelajaran yang indah bagi kita semua bahwa ketika kita mengahadapi berbagai permasalahan janganlah fokus pada masalah atau diri kita sendiri, tetapi fokus dan berdoalah kepada Allah yang berkata kepada Yeremia “Jangan takut!” (ay. 57), dan yang berkata pula kepada para murid-Nya yang sedang dalam masalah besar “Tenanglah! Aku ini, jangan takut!” (Mrk. 6:50). Itu sebabnya bagi penulis rangkaian kegiatan gereja kita adalah sangat tepat, dimana setelah kita mengikuti PAAT 2021 yang membahas tentang kitab Ratapan pada tanggal 7-9 Maret 2021, kitapun bersama-sama mengikuti Ibadah Doa Semalaman yang diselenggarakan pada tanggal 10-11 Maret 2021 dengan tema “Jesus Wants Me to Shine”.

Saudara kekasih dalam Tuhan Yesus Kristus, melalui berbagai permasalahan hidup sesuai penjabaran dari kitab Ratapan dalam PAAT 2021 dan melalui Ibadah Doa Semalaman yang sudah kita lalui, maka kita bisa “Mengenal Yesus Kristus Dengan Benar” (Flp. 3:10-11) yang merupakan tema khotbah GBIK bulan Maret. Kita bisa melihat bahwa Yesus Kristus bukan manusia biasa, bukan hanya guru yang baik atau pemimpin kebaikan. Yesus Kristus adalah Tuhan, pencipta alam semesta, Allah yang penuh kasih dan pemberi harapan bagi setiap orang berdosa yang bertobat dan percaya kepada-Nya.

Mari kita perhatikan dalam Markus 6:45-52, Yesus melihat bahwa para murid-Nya tengah dalam kesulitan. Saat mereka berada di tengah danau, angin ribut dan ombak menghantam perahu mereka dan menahan laju perahu mereka. Seketika itulah, Yesus berjalan kea rah mereka di atas air. “Ketika mereka melihat Dia berjalan di atas air, mereka mengira bahwa Ia adalah hantu, lalu mereka berteriak-teriak, sebab mereka semua melihat Dia dan merekapun sangat terkejut. Tetapi segera Ia berkata kepada mereka: “Tenanglah! Aku ini, jangan takut!” (Mrk. 6:49-50).

Jadi Saudara, mungkin selama ini meskipun kita sudah menjadi orang Kristen namun masih seperti para murid Tuhan; dimana masih memiliki keraguan yang mengganggu pikiran kita tentang ke-Illahian Yesus Kristus. Apalagi ketika kita sedang dalam masalah kita berdoa belum dijawab Tuhan, atau ketika kita melihat tontonan YouTube yang banyak mempertanyakan, memperdebatkan, bahkan meragukan tentang Yesus adalah Tuhan. Jangan ragu Saudara, Yesus Kristus adalah Allah yang benar. Dalam Markus 6:45-52 ini dengan Ia berjalan di atas air, Ia ingin menyatakan kepada para murid-Nya bahwa Ia jauh lebih dari sekedar manusia, guru agama, nabi, melainkan Ia adalah Tuhan yang sanggup memberikan harapan dan kelegaan kepada setiap orang yang percaya kepada-Nya. Supaya iman kita tetap kepada Dia, teruslah beribadah, rasakan, dan nikmatilah berkat-berkat firman Tuhan dalam khotbah-khotbah selama bulan Maret 2021! Tuhan Yesus memberkati.
(AP11032021)

Pokok Doa:

  1. Mari bersyukur pelaksanaan PAAT 2021 sudah berjalan dengan baik , doakan jemaat yang mengikuti setia menaati pembelajaran dari Kitab Ratapan;
  2. Mendoakan untuk para Ibu jemaat GBIK yang sedang mengandung , kiranya di beri kesehatan;
  3. Mendoakan pelayanan pemerintah bagi masyarakat dalam membangkitkan perekonomian.