SRHI 18 JUNI 24 – DIUJI BUKAN DICOBAI

“Apabila seorang dicobai, janganlah ia berkata: ”Pencobaan ini datang dari Allah!” Sebab Allah tidak dapat dicobai oleh yang jahat, dan Ia sendiri tidak mencobai siapapun.”(Yakobus 1:13)

Manusia dalam segala masalah hidupnya memiliki cara-cara tersendiri untuk menanggapinya. Ada yang bertanya kepada Tuhan mengapa ini terjadi; ada yang menjalani saja dan berdoa agar Tuhan menolong; ada lagi yang malah sibuk menyalahkan Tuhan dan bertanya mengapa diberikan cobaan ini. Berharap tidak ada orang Kristen memberikan respons terakhir, karena jika benar maka pemahamannya tentang masalah hidup masih belumlah tepat.

Dalam Yakobus 1:13 dikatakan kepada kedua belas suku di perantauan: Apabila seorang dicobai, janganlah ia berkata: ”Pencobaan ini datang dari Allah!” Sebab Allah tidak dapat dicobai oleh yang jahat, dan Ia sendiri tidak mencobai siapa pun. (Yakobus 1:13). Sangat tegas Yakobus memberitahukan asal pencobaan yang sering dihadapi bukan berasal dari Allah dan Dia tidak mencobai siapapun. Hal sebaliknya justru yang sering terjadi, manusialah yang mencobai Allah.

Lantas dari mana masalah yang dihadapi manusia? Berikut dijelaskan dalam ayat selanjutnya: Tetapi tiap-tiap orang dicobai oleh keinginannya sendiri, karena ia diseret dan dipikat olehnya. (Yakobus 1:14). Ya, terkadang keinginan dari manusia sendirilah yang membuat ia dicobai. Masalah datang pasti ada sebab dan hal tersebut berasal dari manusia sendiri. Misalnya hal ramai saat ini ada orang-orang yang lagi ketagihan judi online, akhirnya menjual barang dan berhutang sana-sini. Lantas apakah itu salah Tuhan? Tentu saja tidak.

Ubahlah pemikiran yang mengatakan bahwa Tuhan mencobai dengan menggantinya menjadi Tuhan memberikan ujian. Tuhan ingin kehidupan manusia khususnya orang percaya kuat menghadapi masalah. Makanya diberikan ujian. Ujian pastilah ada tingkatnya dan Firman Tuhan juga berkata bahwa masalah yang dihadapi tidak akan melebihi kekuatan orang tersebut. Siaplah menghadapi ujian apa pun dari Tuhan dan nikmati proses yang indah melalui ujian tersebut. Ingat  namanya ujian bakal terus meningkat kelasnya jadi bersiaplah!

Pembaca SRHI, bagaimana saudara menghadapi masalah selama ini? Apakah saudara menganggapnya sebagai cobaan atau justru sebagai ujian? Bertobatlah jika menganggap itu cobaan apalagi sampai berkata bahwa itu dari Allah. Firman Tuhan hari ini mengingatkan Tuhan hanya memberikan ujian. Ujian akan menjadikan saudara lebih baik dalam hidup, jangan mudah menyerah, hidup memang sulit tetapi bersama dengan Tuhan pasti bisa dihadapi. Mari menjadi anak Tuhan yang percaya ujian Tuhan akan mendewasakan diri dan Dia akan memampukan menghadapinya. God bless.

(FRD18062024)

Pokok Doa GBIK:

  1. Berdoa untuk pelaksanaan Ibadah Doa di hari Rabu, agar banyak jemaat yang hadir serta semua petugas yang melayani dapat mempersiapkan dengan baik.
  2. Doakan kesehatan jemaat GBIK dalam menghadapi kondisi cuaca yang tidak menentu.
  3. Doakan kinerja semua Menteri Kabinet dalam menjalankan program selalu fokus dan tujuan utamanya adalah untuk kepentingan masyarakat Indonesia.

Pokok Doa TPW PENGHARAPAN, Birinoa, Halmahera Utara

  • Doakan agar kehadiran di Sekolah Minggu terus bertambah.
  • Doakan ketekunan serta kesetiaan jemaat dalam melayani dan beribadah terus bertumbuh.
  • Doakan penjangkauan dan penginjilan melalui KPW dan Ibadah Doa agar beroleh hasil yang baik.