SRHI 2 JULI 24 – KESETIAAN TUHAN SEPANJANG MASA

“Kesetiaan-Mu dari keturunan ke keturunan; Engkau menegakkan bumi, sehingga tetap ada.”(Mazmur 119:90)

Setia itu mahal karena itu tidak bisa dilakukan oleh orang murahan. Begitulah kata sebagian orang mengartikan kata setia. Kesetiaan seseorang terlihat dari bagaimana dia menjaga amanat yang diberikan baik itu dalam hal hubungan, jabatan dan lain-lain. Lantas bagaimana dengan kesetiaan Tuhan dalam hidup orang percaya? Sampai batas manakah kesetiaan Tuhan tersebut?

Pemazmur memberikan penggambaran tentang kesetiaan Tuhan atas manusia: Kesetiaan-Mu dari keturunan ke keturunan; Engkau menegakkan bumi, sehingga tetap ada. (Mazmur 119:90). Kesetiaan Tuhan tidak berubah semenjak awal penciptaan sampai saat ini. Pemazmur menggunakan kata “tetap ada” untuk menjelaskan penyertaan Tuhan sepanjang masa.

Harusnya orang percaya memiliki kepercayaan akan kesetiaan Tuhan layaknya pemazmur di mana terus percaya ada kesetiaan Tuhan sepanjang masa. Pemazmur menggambarkan bumi yang tetap ada itu karena kesetiaan Tuhan. Kesetiaan Tuhan juga bisa dilihat dimulai dari zaman Adam sampai kepada masa kini. Tuhan terus berkarya dan menyertai jalan hidup manusia. Ketahuilah hal ini dan rasakan terus bagaimana Dia selalu ada dalam hidupmu. Tetapi hal ini juga harus diiringi dengan semangat menggali firman-Nya.

Layaknya pemazmur dalam pasal ini ada hal yang harus dipegang yaitu percaya kepada Tuhan dan terus berpegang akan firman-Nya. Firman Tuhan telah membuktikan bagaimana setia Tuhan terus menyertai. Salah satu bukti yang jelas janji Tuhan kepada Daud agar melalui keturunannya akan terlahir Mesias dan digenapi melalui masa yang panjang dengan hadirnya Yesus. Tuhan masih terus menyertai sampai saat ini teruslah percaya akan kesetiaan-Nya.

Pembaca SRHI, apakah saudara masih ingat kesetiaan Tuhan yang telah dinyatakan dalam hidupmu? Hiduplah di dalamnya layaknya pemazmur yang percaya kesetiaan Tuhan turun temurun dan dirasakan sampai pada masa ini. Mari menjadi anak Tuhan yang hidup dalam kesetiaan-Nya. Percayalah terus akan kesetiaan Tuhan bukan hanya sampai besok, lusa tetapi sampai akhir masa ini. Mari menjadi anak-anak Tuhan yang percaya penuh akan kesetiaan Tuhan. God bless

(FRD02072024)

Pokok Doa GBIK:

  1. Doakan jemaat yang sedang mencari pekerjaan agar Tuhan memberikan yang terbaik.
  2. Doakan usaha para jemaat agar diberkati dan diberi kelancaran.
  3. Doakan jemaat yang sedang mencari pasangan hidup agar diberi pasangan yang sepadan.

Pokok Doa Cabang PURWONEGORO, Jawa Tengah

  • Berdoa untuk kesehatan dan pelayanan Gembala Sidang Pdm. Eko Kristianto berserta keluarga.
  • Doakan penjangkauan dan penginjilan gereja melalui kegiatan SIL 2024.
  • Berdoa untuk kesehatan jemaat Cab. Purwonegoro: Bpk. Tjondro, Bpk. Yadmadi, Bpk. Saltiel, dan Ibu Daryati.