SRHI 11 SEPTEMBER 2024 – MORALITAS PERKATAAN

“‘Perkataan yang menyenangkan adalah seperti sarang madu, manis bagi hati dan obat bagi tulang-tulang.”
(Amsal 16:24)

Ada sebuah kalimat mutiara yang berbunyi “Saat kamu sendiri, kendalikanlah pikiranmu. Saat kamu bersama orang lain, kendalikanlah lisanmu”. Kalimat tersebut sangat penting untuk kita perhatikan karena mengandung etika kehidupan terutama mengenai perkataan.

Yakobus dalam suratnya menulis “Hai saudara – saudara yang kukasihi, ingatlah hal ini : setiap orang hendaklah cepat untuk mendengar, tetapi lambat untuk berkata – kata, dan juga lambat untuk marah – 1:19”. Yakobus dengan tegas mengingatkan setiap orang percaya agar dapat memiliki laku kehidupan yang benar terutama terkait mulut dan perkataan. Tentu saja apa yang dikatakan Yakobus memiliki muatan hukum moral yang berlaku selamanya. Yakobus mengerti bahwa Allah menuntut moralitas kehidupan orang percaya sehingga ia berusaha mengingatkan orang percaya agar memiliki moralitas yang baik terutama yang berhubungan dengan perkataan.

Yakobus mengerti bahwa hukum seremonial dan hukum sipil sudah tidak lagi berlaku namun hukum moral akan senantiasa berlaku sampai selama – lamanya. Oleh karena itu Yakobus menghimbau secara tegas agar orang percaya menjadi pribadi yang berkualitas secara moral dan menjadi mempelai wanita dengan moralitas yang baik.

Tuhan Yesus memberkati.

(YG110924)

Pokok Doa GBIK:

  1. Berdoa untuk para pejabat negara supaya diberikan hati yang takut akan Tuhan sehingga tidak menyalahgunakan wewenangnya untuk mendapatkan keuntungan pribadi yang dapat merugikan negara.
  2. Berdoa untuk ibadah doa hari ini supaya para pelayan dapat mempersiapkan diri dengan baik dan cuaca cerah sehingga banyak jemaat yang hadir.
  3. Berdoa untuk jemaat yang berada dalam permasalahan keluarga, baik antara suami dengan istri, orang tua dengan anak, maupun antar anggota keluarga lainnya supaya masing-masing diberikan kelembutan hati dan ketenangan pikiran supaya permasalahan yang ada dapat diselesaikan dengan baik.

Pokok Doa Pokok Doa Cab. Gerbang Mutiara

  • Mengucap syukur rata-rata kehadiran di Ibadah bulan Agustus 26 orang dan Sekolah Minggu 10 orang.
  • Mengucap syukur atas persalinan Ibu Juliati kiranya diberi pemulihan dan kesehatan untuk Ibu dan bayinya.
  • Doakan kegiatan gereja bulan September untuk mengadakan kelas baptisan.