SRHI 1 FEB 24 – BERLAKU SETIA KEPADA TUHAN

“Barangsiapa setia dalam perkara-perkara kecil, ia setia juga dalam perkara-perkara besar. Dan barangsiapa tidak benar dalam perkara-perkara kecil, ia tidak benar juga dalam perkara-perkara besar.” (Lukas 16:10)

Tuhan kita adalah Allah yang setia dan selalu mentepati janji-Nya, ketika Dia berjanji akan membebaskan manusia dari dosa, Ia menepatinya dengan mengirimkan anak-Nya yang tunggal. Hingga kita layak disebut sebagai anak-anak Allah. Bagaiaman dengan bagian kita sebagai anak-anak-Nya. Apakah sudah setia kepada-Nya? Setia dalam hal apa?. Kata setia dalam kamus besar bahasa Indonesia artinya adalah berpegang teguh (pada janji,atau pendirian) bersikap patuh, taat. Dikatakan setia apabila ia berpegang pada janji, patuh dan taat. Sama halnya ketika dalam sebuah pernikahan, adanya janji akan setia dalam segala kondisi baik maupun buruk. Begitu pula kita harus berlaku setia kepada Tuhan, dan berpegang pada janji ketika kita menerima Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan juruselamat.

Setia tidak hanya sekedar berlebel Kristen dan hanya pengakuan dari mulut saja. Melainkan tindakan, serta perbuatan yang harus kita tunjukkan. Beberapa hal yang harus kita perhatikan dan diterapkan secara terus-menerus agar kita tetap setia kepada Tuhan. Pertama: beriman penuh kepada Tuhan. Setialah kepada Tuhan dalam perkara kecil, salah satunya beribadah kepada-Nya. Terkadang kita melalaikan hal itu, kita lebih fokus kepada keinginan peribadi dan tuntutan duniawi. Tidak beribadah karna malas bangun pagi, karana bekerja, karna ada kepentingan pribadi, dan macam hal lainnya. Apakah hal itu bisa dikatakan setia?. Kedua: Patuhilah perintah Tuhan, beberapa tokol Alkitab seperti Abraham, Nuh mereka sangatlah patuh akan printah Tuhan. Ketika mereka patuh, Tuhan memberkati mereka dengan sangat luar biasa. Bagaimana dengan kita? Apakah sudah mau patuh dan melakukan firman Tuhan sebagai bukti bahwa kita layak di sebut anak-anak Allah yang setia?

Marilah saat ini kita semua mau belajar dan semakin setia kepada Tuhan baik dalam perkara-perkara kacil sekalipun dan menunjukkan sikap yang setia dan taat kepada Tuhan. Tidak hanya setia dalam pengakuan saja melainkan menunjukkan sikap dan tindakan yang nyata sebagai anak- anak Allah yang setia.

(KS01022024)

Pokok Doa GBIK:

  1. Berdoa bagi keadaan di jalur Gaza saat ini, Tuhan turut campur untuk mendamaikan pihak yang bertikai antara Israel dan Palestina, agar tidak ada lagi rakyat yang menjadi korban;
  2. Berdoa bagi Panitia Mimbar yang sedang mencari Gembala Sidang bagi GBIK, Tuhan berikan hikmat dalam mempersiapkan calon Gembala Sidang yang seturut dengan kehendak Tuhan.
  3. ⁠Berdoa bagi pemerataan pendidikan dan pelayanan kesehatan di seluruh wilayah Indonesia, agar seluruh rakyat Indonesia di kota sampai dengan di daerah pedalaman memperoleh hak yang sama atas pendidikan dan pengobatan.

Pokok Doa TPW GERBANG INDAH, Loleba, Halmahera Timur

  • Doakan Pembangunan Gedung pastori yang sedang peroses pembangunan
  • Doakan Memulai kegiatan sekolah minggu pada awal tahun ini pada bulan Februari
  • Doakan keluarga Bapak Erwin dan Ibu Arneta kiranya senantiasa mau terus beribadah bersama di gereja dan jemaat yang telah lama tidak kegereja dikunjungi.