SRHI 29 MEI 23 – DIPENUHI, JADI SAKSI!

“Lalu pergilah Ananias ke situ dan masuk ke rumah itu. Ia menumpangkan tangannya ke atas Saulus, katanya: “Saulus, saudaraku, Tuhan Yesus, yang telah menampakkan diri kepadamu di jalan yang engkau lalui, telah menyuruh aku kepadamu, supaya engkau dapat melihat lagi dan penuh dengan Roh Kudus.””

(Kisah Para Rasul 9:17)

Pembaca SRHI sekalian pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya “surat kuasa”. Dalam surat kuasa itu dituliskan pihak yang memberi kuasa juga pihak yang menerima kuasa untuk melakukan suatu pekerjaan tertentu. Supaya surat kuasa itu menjadi sah dan memiliki kekuatan hukum maka pasti dibubuhkan materai yang akan disertai dengan tanda tangan pemberi kuasa.

Hal yang sama juga dilakukan oleh Tuhan Yesus, Dia memberikan kuasa kepada para murid saat itu dan juga kepada kita saat ini untuk melakukan suatu pekerjaan yang kita kenal dengan Amanat Agung. Demikian juga, Tuhan Yesus memberikan kuasa itu disertai dengan materai yang akan menjadikannya sah dan berkekuatan hukum. Materai yang digunakan bukanlah materai Rp. 10.000, namun Roh Kudus.

Lukas sebagai penulis Kisah Para Rasul ini mencantumkan ketentuan itu dalam tulisannya, baik dalam Lukas maupun Kisah Para Rasul, demikian :

48 Kamu adalah saksi dari semuanya ini.

49 Dan Aku akan mengirim kepadamu apa yang dijanjikan Bapa-Ku. Tetapi kamu harus tinggal di dalam kota ini sampai kamu diperlengkapi dengan kekuasaan dari tempat tinggi.” (Luk 24:48-49 ITB)

 
8 Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.” (Kis 1:8 ITB)

Dalam nas kita hari ini, ternyata Saulus mengalami hal yang sama. Sekalipun kita tahu, siapa Saulus itu (Filipi 3:5-6) namun Tuhan Yesus mau “menangkapnya” dan merancangkan suatu pekerjaan yang luarbiasa untuknya (Kis 9:15-16). Saulus yang dalam perjalanan menuju Damsyik untuk tujuan menganiaya jemaat di sana, justru bertemu dengan Tuhan Yesus dalam bentuk cahaya dari langit (Kis 9:3-6) dan menjadi buta. Melalui hamba-Nya, Ananias, Saulus disembuhkan dan mendapatkan kuasa dari Tuhan Yesus untuk melakukan pekerjaan barunya itu.

…Tuhan Yesus, yang telah menampakkan diri kepadamu di jalan yang engkau lalui, telah menyuruh aku kepadamu, supaya engkau dapat melihat lagi dan penuh dengan Roh Kudus.” (Act 9:17 ITB)

Saulus disembuhkan dan dipenuhi oleh Roh Kudus (Kis 9:17) dan memberi dirinya untuk dibaptis (Kis 9:18). Saulus yang semula adalah orang yang paling gigih memusuhi Yesus dan murid-murid-Nya, justru dipilih Tuhan Yesus sendiri dan diberi materai untuk melakukan suatu tugas yang baru baginya. Seperti yang kita tahu, setelah Saulus dipenuhi Roh Kudus dan dibaptis, dia menjadi saksi Yesus Kristus. Bahkan ia bersama dengan para murid yang ada di Damsyik (yang semula hendak dianiaya) memberitakan bahwa Yesus adalah Anak Allah di rumah-rumah ibadah (Kis 9:19-20).

Bagaimana dengan kita? Dalam diri kita sebagai orang percaya, sudah berdiam Roh Kudus yang menjadi materai bagi kita untuk menerima kuasa dan mengerjakan suatu tugas yang sudah diberikan kepada kita. Tugas untuk menjadi saksi Yesus Kristus di manapun kita berada, kepada siapapun kita dipertemukan dan sampai kapanpun.

Maukah kita, dipenuhi untuk menjadi saksi bagi Yesus Kristus?

Amin, Tuhan Yesus memberkati

(NAK29052023)

Pokok Doa:

  1. Berdoa untuk kondisi bangsa dan negara menjelang Pemilu 2024 supaya tetap aman dan tenteram serta tidak ada pihak-pihak yang akan menimbulkan kerusuhan;
  2. Mengucap syukur atas pelaksanaan ibadah dalam rangka hari Pentakosta dapat berjalan dengan baik;
  3. Meminta Tuhan untuk memberkati usaha tindak lanjut untuk menghubungi semua prospek dan mengundang mereka mengikuti kegiatan gereja yang lain.

Pokok Doa GBIK Cabang Alfa Omega, Gamhoku

  • Doakan Rencana pengadaan AC untuk ruang ibadah gereja sebanyak 3 buah (@ 1 PK) dan Peralatan multi media yang perlu servis atau peremajaan (Printer harus servis dan ganti catridge, proyektor yang sering overheat, serta penambahan monitor untuk menolong petugas ibadah);
  • Doakan anak-anak yang sedang ujian sekolah, yang sedang mencari sekolah/kampus baru, yang sedang mencari pekerjaan dan keluarga-keluarga yang merindukan momongan/anak;
  • Doakan Pengurusan akta tanah dan ijin gereja baik di Cabang Alfa Omega, serta TPW-TPW yang ada.