SRHI 19 JAN 23 – IMAN YANG MATANG

“Tetapi Daud berkata kepada orang Filistin itu: ‘Engkau mendatangi aku dengan pedang dan tombak dan lembing, tetapi aku mendatangi engkau dengan nama TUHAN semesta alam, Allah segala barisan Israel yang kau tantang itu’.”
(1 Sam.17:45)

Pembaharuan merupakan bagian penting dalam kehidupan manusia, tanpa pembaharuan manusia akan menjadi staknan dan tidak dapat bertumbuh. Seperti halnya anak-anak, mereka harus mengalami pembaharuan pikiran menjadi semakin dewasa agar mereka dapat bertumbuh dan tidak terus menerus memiliki pikiran anak-anak. Untuk dapat diperbaharui, anak-anak tersebut harus mau belajar bersosial, mengembangkan potensi diri, ilmu pengetahuan dan mindsite. Pembaharuan ini akan membawa dampak yang baik dan menolong seseorang dalam menjalani kehidupannya.

Demikian hal nya dengan orang percaya, mereka harus mau diperbaharui agar mereka dapat bertumbuh dan menjadi pribadi yang dewasa. Pembaharuan ini bisa didapatkan oleh orang percaya ketika mereka semakin mendekatkan diri kepada Tuhan. Dan orang percaya yang diperbaharui Tuhan pasti hidupnya mengandalkan Tuhan dan selalu diberkati Tuhan.

Daud menjadi contoh yang nyata, ia merupakan seorang muda yang bergaul karib dengan Tuhan. Ia memiliki pemikiran yang baik tentang Tuhan dan memiliki hubungan yang baik bersama Tuhan. Kehidupan yang indah bersama Tuhan ini tercermin ketika Daud berhadapan dengan Goliath. Daud tidak serta merta mengandalkan dirinya ketika berhadapan dengan Goliath karena ia sadar bahwa ia tidak mungkin dapat menang melawan Goliath. Kesadaran inilah yang menjadi bukti pembaharuan dan dengan kesadaran inilah Daud bisa mengalahkan Goliath. Daud sadar bahwa ia tidak bisa apa-apa tanpa Tuhan dan Daud tau bahwa Tuhan selalu setia dan berserta. Kemenangan yang didapat oleh Daud dapat juga kita rasakan ketika kita menaruh percaya kepada Tuhan.

Kunci sukses pembaharuan Daud harus kita cermati bersama agar kehidupan kita juga dapat diperbaharui dari hari ke sehari dan dapat menikmati berkat Tuhan. Pengenalan kita dengan Tuhan akan membawa kita semakin mendekat dengan Tuhan dan ketika kita sudah mendekat kepada Tuhan maka kita akan diperbaharui dan diberikan kemenangan dari musuh-musuh kita. Tuhan Yesus memberkati.
(YGW190123)
Pokok Doa:

  1. Doakan untuk keamanan bangsa Indonesia agar dijauhkan dari tindakan-tindakan kejahatan (criminal, Terorisme dll);
  2. Doakan kegiatan KPW – KPW yang ada di GBIK dapat berjalan baik, menjadikan tempat belajar Firman Tuhan dan dapat menjalin kebersamaan antar anggota serta bertumbuh dalam Iman;
  3. Doakan rangkaian perayaan Imlek di berbagai wilayah dapat berlangsung aman dan tertib.

Pokok Doa Cabang Gerbang Mutiara, Landak, Kalimantan Barat

  • Doakan rencana gereja mengadakan program Membaca Seluruh Alkitab dalam 1 tahun;
  • Menjangkau kembali 2 orang anggota jemaat yang sudah tidak aktif ; 1 orang karena terlibat kegiatan adat;
  • Mendoakan untuk menyiapkan remaja dalam pelayanan gereja.