SRHI 17 SEP 22 – TUHAN MEMIMPIN SEBAGAI GEMBALA

”Ia membaringkan aku di padang yang berumput hijau, Ia membimbing aku ke air yang tenang; Ia menyegarkan jiwaku. Ia menuntun aku di jalan yang benar oleh karena nama-Nya.”
(Mazmur 23:2-3)

Pada Mazmur Daud pasal 23, Daud merasakan hubungan Allah dengan umat-Nya, yang digambarkan Allah sebagai gembala dan kasih-Nya yang besar kepada umat-Nya. Tuhan Yesus juga menggunakan hal yang sama pada kitab Yoh. 10:11 : Akulah gembala yang baik. Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi domba-dombanya;

Demikian kita sebagai orang Kristen adalah domba domba Tuhan. Kita hidup didunia dalam bernegara, bermasyarakat, atau berorganisasi diperlukan seorang pemimpin. Kita tidak bisa terlepas dari Tuhan, dalam keadaan  baik atau tidak baik,  senang atau susah, suka atau duka. Bila kita terlepas maka kita akan hidup tersesat di dunia ini. Dari kitab Mazmur pasal 23 baik kita baca dari ayat 1 sampai 6, kita belajar dari kehidupan Daud yang dipimpin oleh Tuhan dengan penggambaran Tuhan sebagai gembala dan Daud serta umat Tuhan adalah domba-domba Nya. Pemimpin dalam kehidupan kita berada  :

  1. Seorang pemimpin berada di depan untuk memberi teladan atau contoh bagi  yang dipimpinnya  agar kita dapat mengikuti setiap langkahnya. “Tuhan adalah gembalaku” kita dipanggil untuk mengikut Yesus yang telah berkorban untuk kita. Sekarang kita menjadi milik Nya dan kita tidak kekurangan apapun yang diperlukan  bagi pelaksanaan kehendak Allah dalam kehidupan kita.
  2. Seorang pemmpin juga berada ditengah tengah untuk memberi semangat, menasihati dan menghibur orang yang dipimpinnya ketika mengalami berbagai masalah baik jasmani maupun rohani. Hidup kita didalam Yesus dan Roh Kudus bersama  kita. Tuhan Yesus memperhatikan kebutuhan kita, ditengah tengah kehidupan kita yang penuh tantangan. Kita bisa bersekutu bersama Nya dan mendapat bagian dari urapan Roh Kudus atas tubuh, pikiran dan rohku.
  3. Seorang pemimpin  juga berada dibelakang, untuk mendorong dan memberi kesempatan serta mengawasi dan mengikuti kita, karena janji Allah adalah setia, Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah. (Rm 8:28)

Mari kita meneladani Yesus menjadi pemimpin yang baik sebagai gembala yang memperhatikan domba domba nya. Kita menjadi pemimpin bukan berarti kita ada didepan saja, tetapi kita ada ditengah tengah didalam setiap masalah dan dibelakang untuk mendorong memberi semangat dan membangun pertumbuhan bersama.

Tuhan Yesus memberkati. Amin
(MS17092022)
Pokok Doa:

  1. Para petugas yang akan melayani dalam Ibadah Hari Hari Minggu besok mempersiapkan diri dan bertugas dengan baik, dan setiap peralatan yang dipakai beroperasi dengan lancar;
  2. Sekolah Minggu mulai dari Asuhan sampai Senior yang akan hadir onsite Di gereja dan persiapan Guru-guru dalam mengajar agar diberikan hikmat dan pengetahuan yang benar;
  3. Keamanan Bangsa Indonesia dalam menghadapi aksi demo yang terjadi akhir-akhir Minggu ini.

Pokok Doa Cabang GERBANG MUTIARA, Landak, Kalimantan Barat

  1. Kesetiaan jemaat memberikan persembahan dan perpuluhan;
  2. Pemulihan jemaat yang sakit: Ibu Usman (diabetes – tidak mampu bangun), Ibu Gajo (asma), Bpk Atik (stroke ringan), Bpk. Sutang (asam urat), Santo (infeksi paru-paru);
  3. Anggota jemaat yang sedang bekerja di luar kota dan di Malaysia.