SRHI 20 NOV 21 – KEBERHASILAN HIDUP

“Orang yang mencuri, janganlah ia mencuri lagi, tetapi baiklah ia bekerja keras dan melakukan pekerjaan yang baik dengan tangannya sendiri, supaya ia dapat membagikan sesuatu kepada orang yang berkekurangan.“ (Efesus 4:28)

Keberhasilan manusia didunia hanya dilihat dari sisi duniawi. Bagaimana dia berhasil dalam rumah tangga, mampu dalam finansial dan ada jabatan dalam suatu kedudukan di pekerjaan. Semua itu baik karena kita hidup didunia maka kita perlu berkarya yang terbaik dan bila berhasil, kita mampu menghidupi keluarga dan bisa membantu teman seiman bahkan orang lain. Setelah keberhasilan  itu ada yang bersyukur, karena itu adalah pemberian  Tuhan dan ada yang merasa itu usahanya sendiri, melupakan Tuhan.

Keberhasilan atau kegagalan adalah keadaan yang bisa dialami oleh hidup seseorang. Orang dikatakan berhasil adalah orang yang tidak hanya bisa menghidupi diri sendiri tetapi bisa juga berbagi kepada orang lain bahkan memberi hidup kepada orang lain. Orang yang berhati mulia  dapat memberi hidup atau membantu kepada orang lain yang berkekurangan. Inilah dasar kehidupan kita dalam Yesus. Kita sebagai orang percaya kepada Yesus maka kita sudah menjadi manusia baru. Jadi kita jangan lagi menjadi manusia lama yang belum mengenal Allah. Semua kebiasaan lama  harus kita tinggalkan.

Seperti halnya dalam melakukan pekerjaan. Jangan melakukan dengan tidak baik seperti mencuri. Karena kadang ada orang merasa tidak mencuri, dkatakan daripada orang lain yang mengambil, lebih baik mereka amankan yang akhirnya untuk diri sendiri. Mencuri adalah mengambil tanpa izin milik orang lain. Dalam sebuah anekdot kehidupan disebut mencuri bila diketahui oleh orang lain sementara kalau tidak maka itu adalah usaha yang berhasil. Orang dunia untuk keberhasilan bisa  menggunakan jalan pintas dan menjadikan mencuri sebagai pekerjaan. Tindakan seperti Ini menimbulkan masalah besar, yang akan merugikan dan mengecewakan orang lain yang telah kehilangan hak miliknya. Dan ini juga mendukakan hati Tuhan. Jelas dalam salah satu dari 10 hukum Tuhan dikatakan “Jangan mencuri”. Kita sebagai orang percaya sudah melanggar perintah-Nya. Jadi Firman Tuhan Eff 4: 28 mengajarkan kepada kita untuk bekerja keras dan melakukan pekerjaan yang baik dengan tangannya sendiri supaya ia bisa membagikan sesuatu kepada orang lain yang berkekurangan. Ini  adalah suatu kebahagiaan bila kita berhasil bekerja baik dengan tangan sediri dan dapat membagikan kepada orang lain. Dengan Iman kita percaya, Yesus akan menolong dan memberi yang terbaik kepada kita yang berserah kepada-Nya dengan ketaatan  segala upaya kita dibuatnya berhasil.

Tuhan Yesus memberkati.
(MS20112021)

Pokok Doa:

  1. Mari mendoakan Para guru sekolah minggu, dalam persiapan mengajar besok hari, dalam menyampaikan Firman Tuhan dan dalam melayani diberikan kesehatan yang sempurna dan hikmat Tuhan;
  2. Para anggota sekolah minggu mulai dari Asuhan sampai Senior, terus haus dan lapar akan Firman Tuhan, diberikan hikmat Tuhan dan menjadi pelaku Firman Tuhan;
  3. Doakan pelayanan pendeta, panitia musik dan upacara gereja serta petugas yang ditunjuk dalam menyiapkan ibadah hari minggu esok hari secara online, jaringan yang digunakan untuk zoom dan streaming tidak terganggu.