SRHI 28 JUL 21 – JANGAN MELUPAKAN TUHAN ALLAH!

“maka berhati-hatilah, supaya jangan engkau melupakan TUHAN, yang telah membawa kamu keluar dari tanah Mesir, dari rumah perbudakan. Engkau harus takut akan TUHAN, Allahmu; kepada Dia haruslah engkau beribadah dan demi nama-Nya haruslah engkau bersumpah.”
(Ul. 6:12-13)

Alkitab memberi perintah kepada umat Allah untuk tidak melupakan kebaikan Allah. Dan perintah itu terus diulang-ulang kepada umat-Nya oleh karena sifat manusia yang sering terjadi adalah mudah lupa atau pelupa atau melupakan seperti yang tertulis dalam firman Tuhan: “Lembu mengenal pemiliknya, tetapi Israel tidak; keledai mengenal palungan yang disediakan tuannya, tetapi umat-Ku tidak memahaminya” (Yes. 1:3). Dalam Kitab Ulangan pasal enam, Allah berulang kali menganjurkan umat-Nya supaya jangan melupakan-Nya oleh karena perbuatan ajaib Tuhan yang sudah dilakukan kepada umat-Nya.

Dan kita sebagai umat Allah sudah seharusnya juga tidak melupakan Tuhan dan kasih yang sudah dinyatakan kepada kita. Mengapa kita tidak boleh melupakan Tuhan? Alkitab memberi jawaban bahwa supaya kita dapat mengasihi Tuhan dengan segenap hati (Ul. 6:5), supaya kita dapat memiliki rasa hormat dan takut akan Dia (Ul. 6:2), supaya kita dapat berpegang pada janji dan segala ketetapan Allah (Ul. 6:2), supaya kita senantiasa bersyukur kepada Allah (Mzm. 103:1-3). Lalu bagaimana supaya kita tidak melupakan Tuhan? Kita harus memiliki disiplin pribadi yang tinggi atau melakukannya dengan setia (Ul. 6:3), kita harus mengajarkannya perintah Tuhan itu secara terus menerus kepada diri sendiri dan anak-anak kita, kepada sesama kita dimana saja dan dalam keadaan apa saja (Ul. 6:7), perintah dan perbuatan ajaib Tuhan itu diungkapkan dalam bentuk tanda atau lambing lalu ditaruh di tempat yang mudah dilihat oleh mata (Ul. 6:8-9). Dan tentunya jika kita dapat melakukan hal-hal tersebut di atas maka kita mendapat berkat-berkat ajaib dari Tuhan. Berkat-berkat apakah yang akan kita dapat jika kita tidak melupakan Tuhan? Kita akan mendapat berkat lanjut umur (Ul. 6:2c), kita akan mendapat berkat jasmani (Ul. 6:3c), kita akan mendapatkan berkat yang Allah janjikan (Ul. 6:10), kita akan berhasil dengan caranya Allah (Ul. 6:10).

Jadi Saudara yang dikasihi Tuhan, kebenaran firman Tuhan di atas adalah benar adanya dan mari kita mengimani dan mengamini apa yang Tuhan firmankan bagi kita semua. Kuncinya, jangan sekali-kali melupakan Tuhan yang sangat mengasihi kita, pertama-tama keselamatan yang sudah dianugerhakan kepada kita semua. Tuhan Yesus memberkati.
(AP28072021)

Pokok Doa:

  1. Mari kita doakan jemaat GBIK agar dapat menjaga kesehatan diri sendiri dan keluarga agar tetap melaksanakan Prokes 5M secara ketat demi mengurangi paparan virus covid19;
  2. Mari kita doakan kesehatan para Pendeta, Diakon, Panitia Gereja agar saling bekerjasama dalam memberi pertolongan kepada jemaat yang membutuhkan bantuan dan dukungan;
  3. Mari berdoa bagi bangsa dan Negara dalam pengadaan obat-obatan yang dibutuhkan oleh penderita covid19, vitamin, antibiotik dll;
  4. Doakan kesembuhan & pemulihan kesehatan Sdr. Tatok
  5. Mari kita mendoakan, mohon Tuhan melawat, menjamah dan menyembuhkan saudara2 kita terkasih, yang sedang terpapar virus COVID:
    * Ibu Sati (kakak dari Ibu Ester Sutini)
    * Ibu Surbakti
    * Bp. Ekin Surbakti
    * Ibu Sari Surbakti
    * Sdri. Dani (putri Bp. Suripno)