SRHI 14 JUL 21 – INGIN BERHASIL? JANGAN TAKUT MENCOBA DAN GAGAL!

“Segala jalan orang adalah bersih menurut pandangannya sendiri, tetapi Tuhanlah yang menguji hati.”
(Ams. 16:2)

Seringkali yang membuat seseorang tertunda keberhasilannya bahkan kehilangan kesempatan untuk berhasil dalam segala sesuatu adalah karena ia takut mencoba sesuatu dan takut gagal. Takut gagal sama saja kita tidak beriman akan kuasa Allah dan meragukan kuasa Allah. Padahal kalau kita membaca ayat firman Tuhan di atas jelas dikatakan bahwa tidak ada sesuatu yang sukar, gagal, tidak terlaksana jika segala rencana kita diserahkan kepada Allah dalam doa dan permohonan (Flp. 4:6). Karena ada Allah yang menyertai kita maka semestinya kita tidak perlu takut gagal, takut akan ada perubahan-perubahan yang terjadi, takut kehilangan sesuatu, takut tertinggal dalam kemajuan zaman dan takut mati.

Kita harus melihat dan belajar dari orang-orang yang berhasil bukan ketika mereka sudah berhasil tetapi ketika mereka menjalani prosesnya. Dan rupanya mereka yang berhasil dalam bidang yang ditekuninya itu tidak dapat menyembunyikan “rasa takut”. Franklin Roosevelt, ketika menghadapi masa-masa sulit sebagai Presiden Amerika Serikat mengatakan: “Hal yang perlu kita takuti yaitu takut itu sendiri”. Francis Bacon seorang negarawan, hakim, ilmuwan terkenal dari Inggris di abad ke-16 berkata: “Tidak ada suatupun yang begitu berbahaya selain rasa takut”. Arthur Wellesley seorang negarawan terkenal dari Irlandia berkata: “Hanya satu hal yang saya takuti, yaitu rasa takut”. Michael Jordan, olahragawan top dunia dalam olahraga basket, tidak pernah takut dalam menghadapi pertandingan dengan siapapun sehingga dengan gaya dan kelincahannya di depan para pendukung dan penonton ditunjukkannya skil-skil yang akrobatik. Namun ia begitu takut dan gugup ketika di undang ke Gedung Putih untuk bertemu dengan Presiden Amerika Serika Bill Clinton pada tanggal 3 April 1997. Dengan demikian, maka musuh paling besar dalam hidup manusia itu adalah rasa takut. Oleh karena itu mari matikanlah rasa takut itu sebelum rasa takut itu mematikan cita-cita kita dan kerinduan kita untuk berhasil dengan cara: Pertama, Hentikan rasa takut itu dengan jalan percaya akan kuasa Tuhan Yesus Kristus. Tuhan Yesus Kristus selalu menyapa murid-murid-Nya dengan kalimat “jangan takut, Aku menyertaimu” (Yoh. 6:20). Jika kita sadar bahwa kita tidak sendiri tetapi ada Allah yang menyertai kita dengan kuasa-Nya, maka tentunya ada keberanian kita untuk melangkah dan mencoba segala sesuatu yang membuat kita berhasil meskipun banyak tantangan yang harus kita hadapi. Kedua, Hentikan rasa takut itu dengan jalan menyerahkan segala rasa takut itu kepada Tuhan dalam doa dan permohonan. Ingat Saudara, jika kita menjalani segala sesuatu dalam hidup ini tanpa campur tangan Tuhan itu akan membuat kita stress dan semakin kita mengalami ketakutan. Namun saat kita selalu berserah kepada Tuhan dan selalu melibatkan-Nya dalam segala hal kita tenang dan tidak takut (Mat. 11:28). Ketiga, Hentikan rasa takut dengan cara menghadapinya tanpa takut. Cara ini sangatlah Alkitabiah bahkan Joseph Conrad seorang penulis ternama dari Inggris yang hidup pada tahun 1885 – 1924 berkata: “Hadapilah rasa takut, terus menerus hadapilah! Itu cara untuk memenangkannya”.

Jadi Saudara yang dikasihi Tuhan Yesus Kristus. Marilah kita terus melangkah dan mencoba segala sesuatu sampai kita menemukannya berhasil. Hadapilah segala rintangan yang ada dengan “tidak ada rasa takut” dalam arti kita selain mencoba, kita juga harus beriman kepada-Nya dengan menyerahkan segala sesuatu yang kita lakukan kepada Tuhan. Yakinlah bahwa kita adalah bisa. Tuhan Yesus memberkati.
(AP14072021)

Pokok Doa:

  1. Doakan kegiatan ibadah doa rabu hari ini, jemaat dapat hadir untuk saling mendoakan, menguatkan dan terberkati oleh Firman Tuhan;
  2. Doakan untuk pemerintah dari presiden, wakil presiden, para menteri dan pemimpin lembaga hingga satuan terkecil diberikan hikmat Tuhan dalam memerintah negeri;
  3. Doakan untuk PPKM dapat berjalan lancar dalam memutus penyebaran covid 19;
  4. Doakan untuk pelaksanaan Rapat Kerja Panitia PI tgl 14-16 Juli 2021;