SRHI 22 JUN 21 – TETAP MENYAMPAIKAN KABAR BAIK (BAGIAN 2)

“Lalu mereka menentukan suatu hari untuk Paulus. Pada hari yang ditentukan itu datanglah mereka dalam jumlah besar ke tempat tumpangannya. Ia menerangkan dan memberi kesaksian kepada mereka tentang Kerajaan Allah; dan berdasarkan hukum Musa dan kitab para nabi, ia berusaha meyakinkan mereka tentang Yesus. Hal ini berlangsung dari pagi sampai sore.”
(Kis. 28:23)

Hati seorang murid Tuhan Yesus sejati adalah hati yang selalu menggunakan kesempatan yang ada untuk menyampaikan Kabar Baik kepada orang-orang yang dijumpainya. Seolah-olah tiada hari, tiada waktu tanpa berbicara tentang jalan kebenaran dan keselamatan itu. Paulus adalah teladan yang dapat dicontoh secara nyata dan secara langsung dalam hal ini.

Pada saat dalam perjalanan menuju Roma sehubungan dengan naik bandingnya kepada Kaisar, di saat kapal yang ditumpangi hampir karam, ia berkesempatan menenangkan seluruh penumpang kapal dan anak buah kapal dengan mengatakan, “Tetapi sekarang, juga dalam kesukaran ini, aku menasehatkan kamu, supaya kamu tetap bertabah hati, sebab tidak seorang pun di antara kamu yang akan binasa, kecuali kapal ini. Karena tadi malam seorang malaikat dari Allah yaitu dari Allah yang aku sembah sebagai milik-Nya, berdiri di sisiku, dan ia berkata; Jangan takut, Paulus! Engkau harus menghadap Kaisar; dan sesungguhnya oleh karunia Allah, maka semua orang yang bersama-sama dengan engkau di kapal ini akan selamat karena engkau.” (Kis. 27: 22-24).

Demikian juga ketika mereka semua berada di Pulau Malta setelah kapal karam, selama tiga bulan (Kis. 28: 11) atas anugerah Tuhan, Paulus berkesempatan “mendemontrasikan” iman melalui kekebalannya setelah digigit ular berbisa, dan dengan peristiwa itu Penduduk Malta beserta Gubernurnya berkesempatan menerima pertolongan Tuhan melalui kesembuhan dari sakit-sakitnya (Kis. 28:1-10).

Paulus juga berkesempatan berbicara kepada orang-orang Yahudi di Roma tentang Tuhan Yesus yang dilayaninya seperti yang tertulis dalam ayat nats hari ini. Saat itu sejumlah besar orang Yahudi di Roma berkumpul di rumah yang disewa tempat Paulus sebagai tahanan Kaisar, ia memberi kesaksian tentang Kerajaan Allah. Berdasarkan hukum Musa dan kitab para nabi, Paulus menjelaskan siapakah Yesus, dan hubungannya dengan pengharapan kehadiran Mesias yang dijanjikan Tuhan membebaskan seluruh bangsa dari perbudakan kuasa kegelapan. Sekalipun hasilnya kurang menggembirakan, tetapi setidak-tidaknya ia telah menyampaikan Kabar Baik dalam keadaan sulit, dan selalu ada orang yang menjadi percaya (Kis. 28:24).

Beritakanlah firman, siap sedialah baik atau tidak waktunya, nyatakanlah apa yang salah, tegorlah dan nasehatilah dengan segala kesabaran dan pengajaran. (2 Tim. 4: 2). Tuhan Yesus memberkati kita semua, Amin.
(RI22062021)

Pokok Doa:

  1. Doakan ucapan syukur untuk Kota Jakarta yang hari ini merayakan hari jadi, kiranya para pemimpin kota serta penduduk untuk takut akan Tuhan dan mengusahakan kesejahteraan kota Jakarta;
  2. Doakan pemulihan dari pasien Covid 19 yang sedang meningkat, kiranya Hikmat Tuhan memimpin semua tenaga medis yang sedang melayani dan diberikan kesehatan;
  3. Doakan pelayanan WBI dan PBI hari ini, kiranya banyak jemaat yang bisa mengikuti dan dapat saling menguatkan dalam Tuhan Yesus;
  4. Doakan pelayanan KPW yang dilaksanakan minggu ini, kiranya para fasilitator diberikan hikmat dalam membimbing serta banyak jemaat yang bisa bertumbuh dalam Kristus bersama melalui KPW;
  5. Pokok doa anggota kelompok.