SRHI 5 MEI 21 – SETIA SEPERTI EPAFRAS

“Semuanya itu telah kamu ketahui dari Epafras, kawan pelayanan yang kami kasihi, yang bagi kamu adalah pelayan Kristus yang setia.”
(Kol. 1: 7)

Pada umumnya orang tidak dengan gegabah berani menyatakan dirinya sebagai orang setia, tetapi berdasarkan apa yang dilihat dan diketahuinya, orang bisa menyatakan bahwa orang lain, si A atau si B adalah pribadi yang setia. Ini berarti bahwa pada dasarnya yang menilai seseorang itu setia atau tidak haruslah orang lain yang mengenal dengan benar orang tersebut.

Paulus menyatakan dalam Kolose 1: 7 tersebut bahwa Epafras adalah pelayan Kristus yang setia. Dari mana ia menyimpulkan hal itu? Beberapa ayat yang mendukung kesimpulan tersebut adalah :

  1. “Salam dari Epafras kepada kamu; ia seorang dari antaramu hamba Kristus Yesus, yang selalu bergumul dalam doanya untuk kamu, supaya kamu berdiri teguh, sebagai orang – orang yang dewasa dan yang berkeyakinan penuh dengan segala hal yang dikehendaki Allah” (Kol. 4: 12).
  2. Salam kepadamu dari Epafras, temanku sepenjara karena Kristus Yesus, (Flm. 23).

Dari Kolose 4: 12  terdapat frasa ‘ia seorang dari antaramu hamba Kristus Yesus’, ini menunjukkan bahwa semula Epafras bersama-sama dengan jemaat Kolose sebagai hamba Kristus. Artinya Epafras pernah melayani Tuhan di lingkungan jemaat Kolose bahkan ada yang mengatakan bahwa jemaat di Kolose adalah hasil penginjilan yang Epafras lakukan. Dari Filemon 23 ada frasa ‘temanku sepenjara karena Kristus’, ini menunjukkan bahwa keberadaan Epafras bersama dengan Paulus di dalam penjara (di Roma) pada saat surat kepada Filemon ini ditulis Paulus. Apakah kehadiran Epafras itu hanya menemani Paulus atau apakah sama-sama merupakan orang tahanan, tidak dijelaskan dengan gamblang dalam Alkitab.

Dalam Kol. 4: 12 juga disebutkan bahwa ‘ia selalu bergumul dalam doa untuk kamu, supaya kamu berdiri teguh, ….’ , menunjukkan Epafras adalah hamba Tuhan yang baik yang selalu mendoakan jemaat yang pernah dilayaninya. Hal ini terjadi oleh karena Epafras adalah pribadi yang setia, yang tidak pernah melupakan orang-orang yang pernah bekerjasama dengannya memperluas kerajaan Allah.

Dari semuanya itu kita dapat menyimpulkan bahwa Epafras setia kepada Tuhan, setia kepada orang-orang yang melayani bersamanya, setia kepada gereja di mana ia melayaninya, dan setia kepada pekerjaan Tuhan yang terus dilakukan. Memang namanya tidak tertulis banyak dalam Alkitab, tetapi jelas ia adalah pribadi yang setia. Tetaplah setia kepada Tuhan, setia kepada gereja tempat kita bergabung, setia dalam persekutuan bersama dengan anak-anak Tuhan, sukacita akan selalu mewarnai hidup kita. Tuhan memberkati, Amin.
(RI05052021)

Pokok Doa:

  1. Upaya pemerintah membantu usaha kecil dan menengah untuk mendorong pemulihan ekonomi masyarakat;
  2. Upaya satgas dan kepolisian mengusut tuntas para oknum yang terlibat dalam kasus pemalsuan antigen, penyalahgunaan alat tes bekas serta mafia karantina;
  3. Studi anak-anak jemaat GBIK dapat terus berjalan dengan baik, memiliki semangat untuk terus mengembangkan keterampilan dan talentanya masing-masing.