SRHI 28 APR 21 – HIDUP DALAM DAMAI SEJAHTERA

“Hendaklah damai sejahtera Kristus memerintah dalam hatimu, karena untuk itulah kamu telah dipanggil menjadi satu tubuh. Dan bersyukurlah.”
(Kol. 3: 15)

Dalam seminggu ini kita akan “dicecar” dengan pemahaman tentang damai sejahtera melalui SRHI setiap pagi. Hendaknya Bapak, Ibu dan Saudara-saudari semua tidak jemu, karena kami merasa pentingnya damai sejahtera itu bagi setiap anak-anak Tuhan. Tanpa adanya damai sejahtera itu, hidup kita terasa kurang nyaman, kurang tenang dan terkadang sulit untuk menerima apapun yang terjadi di dalam maupun di luar diri sendiri.

Dalam Kolose 3: 15 tersebut disebutkan “Hendaklah damai sejahtera Kristus memerintah dalam hatimu”, artinya melalui firman tersebut Allah dalam keadaan berdamai dengan diri kita, dan selayaknya kita menyambut inisiatif Tuhan tersebut dengan penuh sukacita. Jika damai sejahtera Kristus memerintah dalam diri kita, maka kita bukan hanya dapat berdamai dengan Allah, tetapi juga kita dalam keadaan dapat berdamai dengan siapapun juga orang-orang yang Tuhan pertemukan dengan kita, juga dapat berdamai dengan situasi dan kondisi/kejadian-kejadian yang terjadi di sekitar kita. Inilah tanda-tanda yang nyata dari hidup yang diperintah oleh damai sejahtera Kristus. Ada kecenderungan, ada dorongan yang kuat untuk membuat hati ini bersukacita yang sesungguhnya.

Demikian juga frasa “karena itulah kamu telah dipanggil menjadi satu tubuh”, mengandung makna bahwa kita dipanggil menjadi percaya supaya memiliki damai sejahtera, damai sejahtera dengan Allah dan dengan sesama itu merupakan hak istimewa kita, atau lebih tepatnya berdamai dengan Allah dan sesama itu merupakan kewajiban kita sebagai umat pilihan Allah. Setelah kita mewujudkannya, maka kita akan menjadi satu tubuh. Ingat firman-Nya dalam 1 Kor. 12: 27, “Kamu semua adalah tubuh Kristus dan kamu masing-masing adalah anggotanya.”

Agar damai sejahtera Allah itu senantiasa memerintah dalam hati kita, maka kita patut bersyukur senantiasa terhadap apa yang Tuhan kerjakan dalam hidup kita. Jika kita dapat besyukur dengan baik, maka hidup kita akan nampak indah dan menyenangkan, kita menjadi pribadi yang ramah dan menyenangkan bagi semua orang. Siapkah kita diperintah oleh damai sejahtera Kristus? Siapkan kita menjadi satu tubuh bersama dengan anggota-anggota tubuh Kristus yang lain? Siapkah kita senantiasa mengucap syukur atas apa yang terjadi dalam hidup kita? Selamat menikmatinya bersama Kristus. Tuhan Yesus memberkati, Amin.
(RI28042021)

Pokok Doa:

  1. Terus doakan untuk usaha memutuskan penyebaran covid 19, dapat berhasil. Mendoakan Para pasien yang kita kenal agar diberikan kesembuhan;
  2. Berdoa untuk Ibadah doa malam ini , untuk Para pelayan dan jemaat semangat mengikutinya untuk kemuliaan Tuhan Yesus;
  3. Hikmat dan kerjasama yang baik antar semua panitia gereja dalam menyiapkan rangkaian kegiatan Ibadah new normal tahap ke 2.