SRHI 30 MAR 21 – YESUS KRISTUS RELA MENDERITA KARENA MENGASIHI KITA

“Akan tetapi Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kita, oleh karena Kristus telah mati untuk kita, ketika kita masih berdosa ”
(Rm. 5:8)

Di zaman yang semakin modern ini tidak banyak orang yang rela menderita bagi orang lain. Sekalipun seorang ibu yang melahirkan anak-anaknyapun yang pada umumnya rela menderita demi anak-anaknya bisa saja tidak mau menderita untuk anak-anaknya (Yes. 49:15). Tetapi Tuhan kita Yesus Kristus sangatlah berbeda. Ia tidak hanya memilih untuk menderita bagi saya dan Anda, melainkan bagi semua orang yang berdosa di dunia ini (Yes. 49:15; Rm. 5:8).

Banyak ayat-ayat Alkitab yang menyebutkan bahwa Tuhan Yesus rela menderita bagi kita misalnya dalam Yesaya 53:3 “Ia di hina dan dihindari orang, seorang yang penuh kesengsaraan dan biasa menderita kesakitan…”. Dalam Yohanes 19 juga digambarkan penderitaan Tuhan Yesus Kristus: “Sesudah itu, karena Yesus tahu, bahwa segala sesuatu telah selesai, berkatalah Ia – supaya genaplah yang ada tertulis dalam Kitab Suci – : Aku haus!” Disitu ada bekas penuh anggur asam. Maka mereka mencucukkan bunga karang, yang telah dicelupkan dalam anggur asam, pada sebatang hisop lalu menunjukkannya ke mulut Yesus (Yoh. 19:28-29). Dari ayat Alkitab di atas dapat kita bayangkan, saat itu Yesus Kristus tengah merasakan pederitaan yang sangat mendalam di atas kayu salib. Ia bukan hanya merasakan sakit tetapi rasa haus yang sangat menyiksa. Sungguh ini luar biasa. Ia rela melakukan semuanya ini sesungguhnya oleh karena kasih-Nya yang begitu besar kepada kita yang berdosa supaya tidak menanggung hukuman akibat dosa melainkan supaya kita tidak binasa dan masuk sorga (Rm. 5:8; Yoh. 3:16).

Saudara yang dikasihi Tuhan. Itulah yang telah Tuhan Yesus lakukan bagi kita. Dia menderita supaya saya dan Anda tidak perlu menanggungnya. Jadi sekarang dengan kita merenungkan saat-saat sengsara Tuhan kiranya kita yang sudah terlebih dahulu dikasihi-Nya semakin setia dan mengasihi kepada Tuhan Yesus Kristus lebih dalam lagi. Amin, Selamat menyambut Hari Paskah 2021. Tuhan Yesus memberkati.
(AP30032021)

Pokok Doa:

  1. Doakan Indonesia dalam mempersiapkan lumbung pangan berjalan lancar untuk menyejahterakan Rakyat sehingga tidak kekurangan pangan sandang dan papan;
  2. Doakan GBIK dlm hal ini Gembala Sidang, Asisten Gembala Sidang, para Diakon dan ketua Organisasi serta Para ketua Panitia dapat sehati sepikir, satu perbuatan untuk memberitakan Injil kepada setiap orang berjalan lancar yang akhirnya nama Tuhan dipermuliakan;
  3. Doakan Jemaat GBIK yang sedang dalam kesusahan, kesulitan, perjuangan dan pergumulan hidup biar Tuhan menghibur, menolong dan menyertai, mendapat kekuatan baru menjadikan semangat kuat di dalam Tuhan.