SRHI 12 NOV 20 – AKU HIDUP KARENA FIRMAN ALLAH

“Setiap pemberian yang baik dan setiap anugerah yang sempurna, datangnya dari atas, diturunkan dari Bapa segala terang; pada-Nya tidak ada perubahan atau bayangan karena pertukaran. Atas kehendak-Nya sendiri Ia telah menjadikan kita oleh firman kebenaran, supaya kita pada tingkat yang tertentu menjadi anak sulung di antara semua ciptaan-Nya.”
(Yak. 1:17-18)

Jika kita punya persoalan yang rumit dan bercerita kepada sesama dengan tujuan supaya beban hidup kita menjadi ringan, hati-hati dan carilah orang yang tepat dan yang dapat dipercaya. Sebab sifat dan karakter seseorang bisa saja berubah kapan saja dan dimana saja terganutng kepentingan dan suasana hatinya sehingga orang itu bisa saja membuka rahasia atau bocor mulut (Ams. 20:19) dan malah memperkeruh masalah yang ada. Oleh karena itu, tempat sandaran dan berlabuh hati setiap kita ketika menghadapi lika-liku hidup satu-satunya yang tidak pernah mengecewakan dan tidak pernah berubah ya kepada Allah melalui firman-Nya yaitu Alkitab. Bahkan secara kongkrit di dalam Yakobus 1:17-18 dikatakan bahwa “Setiap pemberian yang baik dan setiap anugerah yang sempurna, datangnya dari atas, diturunkan dari Bapa segala terang; pada-Nya tidak ada perubahan atau bayangan karena pertukaran. Atas kehendak-Nya sendiri Ia telah menjadikan kita oleh firman kebenaran, supaya kita pada tingkat yang tertentu menjadi anak sulung di antara semua ciptaan-Nya.”

Itu berarti, berdasarkan Yakobus 1:17-18, firman Allah adalah:

  1. Firman Allah itu baik. Sudah tidak kita pungkiri lagi bahwa firman Allah adalah baik untuk semua orang yang membaca dan merenungkan-Nya, terlebih baik bagi kita orang Kristen, orang yang percaya kepada Allah yang sesuai dengan Alkitab. Jadi, jika kita tidak membaca firman Allah (Alkitab), maka kita sedang melewatkan segala janji, petunjuk, dan manfaat yang ingin Allah sampaikan atau berikan kepada kita.
  2. Firman Allah itu sempurna. Alkitab yang kita imani ini adalah anugerah yang sempurna. Sempurna berarti mutlak, tidak ada kesalahan di dalamnya, dan dapat diandalkan setiap saat oleh setiap manusia, terlebih ketika memiliki pergumulan hidup yang sangat besar.
  3. Firman Allah itu benar. Setiap bagian dalam Alkitab akan selalu memberitahu kepada setiap kita yang membaca hal-hal yang benar untuk dilakukan. Firman Allah tidak pernah menuntun ke arah yang salah karena firman Allah adalah benar, dan kebenaran-Nya memerdekakan setiap orang yang percaya.
  4. Firman Allah itu tidak berubah. Firman Allah dari dulu, sekarang, dan selama-lamanya tidak akan pernah berubah. Jika firman Allah tidak pernah berubah itu berarti janji-janji-Nya juga tidak akan pernah berubah, berkurang, berkarat, dan rusak, maka bergantunglah sepenuhnya kepada firman Allah.
  5. Firman Allah itu memberi hidup. Allah menciptakan kita segambar dan serupa dengan-Nya dan Allah memilih kita untuk memberikan kita kehidupan dengan memberi kita firman-Nya, sehingga kita mampu mengasihi Allah, sesama serta dikasihi Allah. Jadi sesungguhnya Allah menciptakan dan memberi firman-Nya kepada kita supaya kita dapat mengenal Allah dan memperoleh kehidupan karena hanya Allah di dalam Tuhan Yesus Kristuslah satu-satunya jalan menuju kehidupan sejati.

Sebagai orang Kristen, mari kembali kepada tingkat pengertian yang benar tentang firman Allah, karena firman Allah yang itu baik, sempurna, benar, tidak pernah berubah, serta memberikan kehidupan bagi kita semua yang dengan setia membaca firman Allah, merenungkan firman Allah, dan puncaknya menjadi pelaku-pelaku firman Allah. Tuhan Yesus memberkati.
(AP12112020)

Pokok Doa:

  1. Pasca memperingati Hari Pahlawan, kiranya masyarakat Indonesia terus menjaga persatuan, kesatuan, kerukunan dan toleransi dalam kehidupan masyarakat yang majemuk;
  2. Mengucap syukur proses penyelesaian Vaksin Merah Putih di laboratorium sudah mencapai 55%. Kiranya koordinasi dan kerjasama antar lembaga Kementerian Kesehatan, Badan POM dan Bio Farma dapat berjalan dengan baik;
  3. Mari mendoakan jemaat yang kita ingat sedang mengalami pergumulan ekonomi, kesehatan, dan rumah tangga (silahkan menyebutkan namanya dalam doa Bpk/Ibu/Sdr).